Pengertian dan Sejarah FTP

07.02 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Halo...!!! Welcome Back On My Blog, Guys..!!! Kali ini, saya mau sharing tentang File Transfer Protocol alias FTP. Let's Check This Out!!

A. Latar Belakang
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Layanannya bisa berupa repository, database, web server, mail server, DNS server, dan lain sebagainya. Bila server dijadikan sebagai database server, maka diperlukan jalur atau alat untuk mengunduh dan mengunggah data ke server.

B. Materi
1. Pengertian
Protokol pengiriman berkas (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam  antar jaringan.

2. Sejarah
Spesifikasi asli dari dari FTP ditulis oleh Abha Bhushan dan dipublikasikan sebagai RFC 114 pada 16 April 1971. Hingga tahun 1980, FTP berjalan didalam NCP (sebutan untuk pendahulu TCP/IP). Protokolnya lalu digantikan oleh versi TCP/IP, RFC 765 (Juni 1980), dan RFC 959 (Oktober 1985), spesifikasi yang lebih baru. Beberapa usulan untuk mengubah standar RFC 959, contohnya RFC 1579 (Februari 1994) mengaktifkan Firwall-Friendly FTP (mode pasif), RFC 2228 (Juni 1997) mengusulkan ekstensi keamanan, RFC 2428 (September 1998) menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan sebuah tipe baru dari modde pasif.

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui pengertian dan sejarah FTP.

D. Kesimpulan
Dengan mengetahui tentang protokol pengiriman berkas (FTP), administrator server dapat lebih memahami tentang protokol pengiriman berkas untuk mengunggah dan mengunduh berkas dari server.

E. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Peladen
https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas
https://en.wikipedia.org/wiki/File_Transfer_Protocol

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat...!!!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Wanna Know More About Tech? Stay Tune On My Blog!

0 komentar: