Pengertian, Jenis, dan Fungsi Router

19.37 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. Latar Belakang
Jaringan komputer dibuat untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain agar dapat saling berkomunikasi. Jika hanya beberapa komputer saja yang dihubungkan mungkin bukan hal yang sulit untuk di lakukan karena bisa saja kita buat menjadi satu subnet IP. Tapi, kenyataan yang ada menunjukkan bahwa jumlah komputer di seluruh dunia berjumlah lebih dari 10 miliar komputer. Tidak mungkin seluruh komputer tersebut kita buat menjadi satu subnet. Maka dari itu, dibuatlah jaringan-jaringan dalam jumlah kecil yang nantinya dihubunghkan dengan alat yang bernama router.

B. Materi
1. Pengertian
Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan.

 2. Jenis
Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
  • static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
  • dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

3. Fungsi
  • menghubungkan 2 jaringan atatu lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
  • menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar. yang disebut internetwork.
  • membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya.
  • mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau  arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
  • menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router.
  • memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan. 
C. Maksud dan Tujuan 
Untuk mengetahui dan memahami pengertian, sejarah, dan cara kerja router.

D. Kesimpulan
Router merupakan unsur penting yang harus ada di dalam jaringan karena ia menjadi penghubung antar jaringan yang berada di OSI Layer 3. Router bisa mengatur keamanan jaringan, mulai dari siapa saja yang bisa mengakses, bandwith tiap user, blokir situs, membagi jaringan, dan lain-lain.

E. Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/Penghala

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar: