What Is : Definisi dan Sejarah Web Server

08.12 SelviHood 0 Comments

Assalammu'alaikum Wr. Wb.

A. Latar Belakang
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Layanannya bisa berupa repository, database, web server, mail server, DNS server, dan lain sebagainya.

Web server menyediakan service berupa informasi dalam bentuk web , seperti e-learning, e-commerce, e-voting, e-goverment, e-library, dan lain-lain. Web server sudah menjadi kebutuhan seiring banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan secara online.

B. Materi
1. Pengertian
Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

2. Sejarah
Tahun 1989, Tim Berners-Lee mengajukan pada perusahaannya, CERN (European Organization for Nuclear Research) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Sebagai hasil atas implementasi proyek ini, tahun 1990 Berners-Lee menulis dua program komputer:
  • sebuah peramban yang dinamainya sebagai WorldWideWeb;
  • server web pertama di dunia, yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.
Dari tahun 1991 hingga 1994, kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui World Wide Web membuat kedua aplikasi tersebut diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu, ataupun kelompok. Awalnya adalah organisasi penelitian, kemudian berkembang dan digunakan di lingkungan pendidikan tinggi, dan akhirnya digunakan dalam industri bisnis.
Tahun 1994, Tim Berners-Lee memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan-pengembangan lanjut atas teknologi-teknologi terkait lainnya (HTTP, HTML, dan lain-lain) melalui proses standardisasi.

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui dan memahami tentang server web.

D. Kesimpulan
Server web memudahkan client di dalam jaringan untuk mengakses informasi atau melakukan sesuatu secara online dan realtime. Sehingga data yang masuk ke database akan lebih akurat.

E. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web

Wassalammualaikum Wr. Wb.

0 komentar: