Pengertian dan Cara Kerja Komputer

09.12 SelviHood 0 Comments

A. Materi
1. Pengertian
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

2. Cara Kerja
Cara kerja komputer diawali dengan input atau pemasukan data melalui input device. Contoh iput device antara lain : keyboard, mouse, scanner, dll.

Setelah data selesai di input, data tersebut lalu akan diproses oleh processing device yang disebut dengan CPU.CPU dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan dan pengontrol. Processing device ini mengolah data yang masih mentah menjadi data yang siap masuk ke tahap output.

Data yang terkirim ke bagian output selanjutnya akan dicetak, baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy tergantung keinginan kita. Contoh dari alat output antara lain : monitor, projector, printer, dll.

Data yang sudah keluar lewat proses output bisa kita simpan di storage device agar nantinya data tersebut bisa digunakan kembali. Contoh dari storage device antara lain : harddisk, floppydisk, CD, DVD, flashdisk, cloud storage, dll.

B. Latar Belakang
Masih banyak orang yang tidak tahu tentang apa itu komputer dan bagaimana cara kerjanya, padahal mereka sudah biasa menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui pengertian dan cara kerja komputer.

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC
2. Koneksi Internet

E. waktu pelaksanaan
Kondisional (tergantung kecepatan koneksi internet dan tingkat pemahaman)

F. Kesimpulan
Dengan mengetahui pengertian dan cara kerja komputer, kita bisa lebih dalam mengenal alat yang biasa kita pakai dalam kehidupan sehari-hari ini. Jadi, kita tidak hanya tahu cara mengperasikannya, tapi juga tahu apa sih arti dan bagaimana sih caranya kok bisa bekerja dan menghasilkan data.

G. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
http://www.pintarkomputer.com/penjelasan-lengkap-tentang-cara-kerja-sistem-komputer/

0 komentar: