Pengertian dan Sejarah PHP

08.03 SelviHood 0 Comments


A. Latar Belakang
Pada saat mendalami materi tentang server, tentu akan bertemu dengan materi Web Server. Web server membutuhkan PHP untuk menjalankannya. Di lain situasi, PHP dibutuhkan paada saat membuat database di server.

B. Materi
1. Pengertian
PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman server(server-side scripting) yang dirancang terutama untuk pengembangan web tetapi juga digunakan sebagai bahasa pemrograman secara umum.

Pemrograman server (Server-side Scripting) adalah teknik yang digunakan dalam pengembangan web yang menggunakan script pada web server yang menghasilkan respon yang disesuaikan dengan permintaan (klien) masing-masing pengguna ke situs web.

2. Sejarah
Pemrograman PHP dimulai pada tahun 1995 saat Rasmus Lerdorf menulis beberapa program Common Gateway Interface (CGI) di C yang ia gunakan untuk mengawasi homepage pribadinya. Dia memperluas program tadi untuk bekerja dalam bentuk web dan untuk berkomunikasi  dengan database, dan menyebut implementasi ini "Personal Home Page/ Form Interpreter" atau PHP/FI.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilisnya kali ini intrepeter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalm rilis ini pula disertakan modul-modul ekstensi untuk meningkatkan kemampuan PHP/FI ssecara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP danmeresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0.PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitasyang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini,inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar.Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

 Versi terbaru dari bahasa pemrograman PHP adalah versi 7.1 yang dirilis pada 1 Desember 2016

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui serta mengetahui pengertian dan sejarah PHP.

D. Kesimpulan
Dengan mengetahui  dan memahami pengertian dan sejarah PHP, kita dapat lebih tahu tentang PHP, bukan hanya sekadar menggunakan tanpa tahu apa yang kita gunakan.

E. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/PHP
https://id.wikipedia.org/wiki/PHP

Sekian Postingan saya kali ini, Semoga bermanfaat.
 Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Wanna Know More About Tech? Stay Tune On My Blog !

0 komentar: