How to : Install OwnCloud on Localhost

00.40 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. Latar Belakang
Media penyimpanan adalah hal yang paling dibutuhkan dalam setiap perangkat. Karena, disinilah semua data hasil konfigurasi disimpan. Namun, kebutuhan kita akan media penyimpanan semakin hari semakin meningkat. jika  kita hanya mengandalkan media penyimpanan berupa hardware seperti harrdisk eksternal maupun flashdisk mungkin saja bisa mencukupi. tapi, kita akan kesulitan saat akan membawa media penyimpanan tersebut. belum lagi, jika kita lupa membawanya padahal data di dalamnya sangat penting.

Untuk itu, dibuatlah media penyimpanan berupa cloud storage/penyimpanan awan. Ada beberapa penyedia cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Evernote, ataupun OwnCloud.  Sistemnya adalah kita hanya perlu menyewa ataupun menggunakan fasilitas yang diberikan oleh penyedia cloud storage untuk menyimpan data kita.

B. Pengertian
Penyimpanan data komputer, berasal dari bahasa Inggris "computer data storage" sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu.

Cloud storage adalah sebuah model penyimpanan data dimana data digital yang disimpan disebuah tempat, penyimpanan fisik mencakup beberapa server dan lingkungan fisik yang secara khusus dimiliki dan diatur oleh sebuah perusahaan hosting.

Owncloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

C. Maksud dan Tujuan
untuk mengetahui dan memahami cara menginstall owncloud di localhost

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC yang sudah di install Linux
2. file owncloud yang bisa di download disini

E. jangka Waktu Pelaksanaan
10 menit

F. Tahapan pelaksanaan
1. Masuk sebagai Superuser

2. Buka direktori tempat menyimpan file owncloud

3. Copy file ke web directory

4. Buka web directory

5. Ekstrak file owncloud

6. Beri hak akses pada direktori owncloud

7. Buka browser, lalu masuk ke phpmyadmin

8. Buatlah database untuk owncloud

9. Ketikkan localhost/owncloud di address bar

10. masukkan semua informasi yang diminta oleh owncloud seperti nama dan password admin, letak direktori owncloud, username dan password database, serta nama database yang sudah dibuat untuk owncloud. Jika sudah klik Finish setup.


11. owncloud sudah terinstall di localhost. Owncloud yang ada di localhost bisa diintegrasikan dengan owncloud yang ada di server sehingga data yang kita simpan bisa kita akses darimanapun asal terhubung dengan jaringan server.

G. Kesimpulan
Dengan adanya media penyimpanan berupa cloud storage, kita tak perlu bersusah payah membawa media penyimpanan lain yang berupa hardware karena kita bisa mengaksesnya darimanapun, kapanpun, dan dengan perangkat apapun. Selain itu, cloud storage mengurangi resiko kehilangan data akibat rusak atau hilangnya hardware media penyimpanan yang kita miliki.

E. Referensi
 https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar: