How To : Add Course Category On Moodle 3.1

09.00 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo! Welcome back on My Blog! Pada kesempatan kali ini, saya mau sedikit sharing tentang cara menambahkan kategori kursus di Moodle 3.1
So, Let's check this out!

A. Latar Belakang
Dunia Pendidikan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi dengan masukknya teknologi ke dalam sistem pembelajaran sehingga menghasilkan kolaborasi apik yang kini dikenal dengan nama e-Learning. Banyak aplikasi e-Learning baik berbasis web maupun Android.
Dari sekian banyak aplikasi e-learning yang ada, Moodle adalah yang paling banyak digunakan. Selain karena open source, Moodle dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat membantu dalam proses pembelajaran secara Online. Selain itu, Moodle juga memiliki banyak komunitas yang akan menjawab kesulitan kita dalam menggunakannya.
Moodle memiliki banyak fitur, seperti kursus, kuis, catatan kehadiran, buku, obrolan grup, dan lain sebagainya. Dalam kursus, diperlukan pembagian untuk tiap kelas agar memudahkan siswa dalam belajar dan memfilter siswa mana saja yang bisa mengakses kursus tersebut.

B. Pengertian
MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning.

Kategori kursus di Moodle adalah sistem pengelompokan kursus berdasarkan kategori-kategori yang bertujuan agar memudahkan guru (dalam memberikan batasan materi) dan siswa (dalam mengikuti tahapan pembelajaran yang diberikan guru).

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui cara menambahkan kategori kursus di Moodle 3.1

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC yang sudah di install Moodle 3.1

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
3 menit

F. Tahapan Pelaksanaan
1. Masuk ke Moodle sebagai Admin
2. Masuk ke Site administration ->  Course -> Add a category

3. Masukkan informasi sesuai kategori yang akan dibuat.

4. Jika sudah, Create category

5. Kategori sudah selesai dibuat.

G. Kesimpulan
Dengan menambahkan kategori kursus  di dalam Moodle, akan memudahkan guru dalam menambahkan materi ajar dan mengelompokkannya sesuai kategori yang dibuat. keuntungannya bagi siswa adalah belajar siswa akan lebih tersistem sehingga siswa tidak dibebani dengan sistem belajar yang sering 'ambur-adul'.

H. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle

Sekian sharing dari saya, Semoga Bermanfaat!
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Wanna Know More About Tech? Stay Tune On My Blog!

0 komentar: