How To : Add Cohort on Moodle 3.1

21.00 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo... Welcome back on My Blog, Guys! Kali ini, saya akan sedikit sharing tentang Moodle, yaitu cara menambahkan Cohort ke dalam Moodle agar mudah dalam memasukkan user ke dalam fitur di Moodle.
So, let's check this out!

A. Latar Belakang
Moodle merupakan LMS (Learning Management System) pendidikan yang paling banyak digunakan dan dikembangkan di dunia. Moodle memiliki banyak fitur yang mendukung sistem pembelajaran seperti kursus, kuis, buku, kehadiran, kelas, grup obrolan, dan lain-lain.
Agar user bisa menikmati fitur-fitur yang ada di Moodle, admin perlu memasukkan user ke dalam fitur yang akan dibuat, misalnya untuk kursus dan kuis. Jika hanya memasukkan beberapa user, mungkin akan menjadi hal yang mudah bagi admin Moodle. Namun, pada realita yang ada, 1 kursus pasti untuk lebih dari 10 anak.
Jika admin menambahkan satu per satu user ke dalam kursus, tentu akan memakan waktu yang lama. Maka dari itu, perlu dibuat kelas atau kelompok agar menghemat waktu saat memasukkan user ke dalam kursus.

B. Pengertian
Cohort adalah fitur Moodle yang bertujuan untuk memungkinkan semua anggota kelompok yang akan dengan mudah mendaftarkan diri dalam kursus. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Cohort sync , yang, seperti namanya, menyinkronkan keanggotaan kelompok dengan kursus pendaftaran. Atau dengan kata lain, cohort dapat secara manual terdaftar di kursus.

C. Maksud  dan Tujuan
Untuk mengetahui cara membuat cohort di Moodle agar memudahkan enrollment user ke dalam fitur lain di Moodle. 

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC yang sudah di install Moodle 3.1 

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
3 menit

F. Tahap Pelaksanaan
1. Masuk ke Moodle sebagai Admin
2. Masuk ke Site administration -> User -> Account -> Cohorts

3. Klik Add Cohort, lalu isi sesuai informasi cohort yang akan dibuat.

4. Jika sudah, klik Save Changes

5. Setelah Cohort jadi, lalu masukkan User ke dalam cohort

6. Pilih User yang akan dimasukkan ke dalam Cohort tersebut. 

G. Kesimpulan
Cohort sangat membantu admin dalam enrollment user ke dalam fitur-fitur yang ada di Moodle. Cohort meringankan kerja administrator Moodle sekaligus menghemat waktu penginputan user dalam skala banyak.

H. Referensi
https://docs.moodle.org/31/en/Cohorts 

Sekian postingan dari saya, Semoga bermanfaat!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Wanna Know More About Tech? Stay Tune On My Blog! 

0 komentar: