How To : Mengganti Bahasa di Moodle 3.1

11.40 SelviHood 0 Comments


Assalamualaikum Wr. Wb.
 Hallo...!!! Welcome Back On My Blog, Guys!
Pada kesempatan kali ini, saya mau sedikit sharing nih tentang gimana sih cara mengganti bahasa pada Moodle 3.1.
So, Let's check this out!

A. Latar Belakang
Moodle merupakan (Learning Management System) yang paling banyak digunakan dan dikembangkan di dunia. Moodle juga sudah banyak dikembangkan di Indonesia sebagai sarana e-Learning pada banyak sekolah dan universitas.
Moodle, secara default menggunakan bahasa Inggris agar dapat dimengerti oleh orang-orang di seluruh penjuru bumi karena bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan secara internasional. Tapi, hal ini justru terkadang menghambat guru, siswa, atau administrator yang tidak terlalu memahami bahasa Inggris. Berangkat dari hambatan tersebut, maka perlu rasanya untuk mengganti bahasa default Moodle menjadi bahasa Indonesia.

B. Pengertian
Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.
Bahasa Inggris atau English adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.
Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui cara mengganti bahasa di Moodle.

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC yang sudah di Install Moodle 3.1

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
5 menit

F. Tahap Pelaksanaan
1.  Buka Moodle, Log in sebagai Admin
2. Masuk ke Menu Site administration -> Language -> Language Packs

3. Cari Indonesian (id), lalu Install Selected language pack(s)

4. Setelah selesai, pergi ke kanan atas(tergantung tema yang kita gunakan), disebelah Admin, ada pilihan bahasa. Lalu kita pilih Indonesian (id)

4.  Nah, seperti inilah tampilan setelah kita mengganti bahasanya.

G. Kesimpulan
Dengan mengganti bahasa di Moodle, guru, siswa, ataupun administrator yang tidak terlalu memahami bahasa Inggris akan memudahkan kinerja mereka dalam proses pembelajaran. Walau tidak semua tab dan menu diartikan ke dalam bahasa Indonesia, perubahan yang terjadi setelah mengubah bahasanya menjadi bahasa Indonesia sudah cukup membantu.

F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Inggris
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia

Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Wanna Know More About Tech? Stay Tune On My Blog!

0 komentar: