Pengertian dan Sejarah Fiber Optic

21.58 SelviHood 0 Comments



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Welcome Back on My Blog Readys..!!! Kali ini saya mau sharing nih tentang pengertian dan sejarah kabel komunikasi tercepat saat ini, apa lagi jika bukan Fiber Optic. Let's Check This Out!

A. Materi
1. Pengertian
Serat Optik (Fiber Optic) adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

2. Sejarah
Cahaya sebenarnya sudah digunakan sebagai media pembawa informasi sejak zaman dahulu. Namun, baru sekitar tahun 1930-an para ilmuwan Jerman mengawali eksperimen untuk mentransmisikan cahay melalui bahan yang bernama serat optik. Tapi, hasil percobaan ini tidak bisa langsung diterapkan karena masih tergolong primitif, dengan kata lain harus dikembangkan lagi.
Lalu, pada tahun 1958 para ilmuwan Inggris mengusulkan prototype serat optik yang sampai sekarang dipakai, yaitu yang terdiri atas gelas inti yang dibungkus dengan gelas lainnya. Nah, baru sekitar tahun 1960-an, ilmuwan Jepang berhasil membuat jenis serat optik yang mampu mentransmisikan gambar.Pada era yang sama, yaitu sekitar tahun 60-an ditemukan serat optik yang kemurniannya sangat tinggi, kurang dari 1 bagian dalam sejuta.
Se

0 komentar: