Pengenalan HTTPS

09.14 SelviHood 0 Comments

A. Latar Belakang
Browsing di internet sudah menjadi kebiasaan sehari-har masyarakat Indonesia. Kegiatan apapun, seperti belajar, absensi, mengerjakan tugas, rapat, berjualan, bekerja, atau sekadar untuk mencari informasi sudah tersedia dalam bentuk digital. Sebagian dar aplikasi penyedia jasa tersebut tersedia dalam bentuk aplikasi mobile maupun dalam bentuk web. Dulu, banyak terjadi kejahatan yang terjadi karena protokol komunikasi yang digunakan mudah diretas para hacker. Namun, setelah ditemukannya protokol yang lebih aman, setidaknya kejahatan tersebut bisa berkurang.

B. Materi
1. Pengertian
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

Hypertext Transfer Protocol Secure adalah vers aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web.

2. Penjelasan
HTTPS menggunakan komunikasi plain teks, menyandikan data sesi menggunakan protokol SS (Secure Socket Layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Pada umumnya, HTTPS menggunakan protokol 443.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan https:// bukan dengan http://.

Ada 3 hal yang keamananya dijamin oleh HTTPS, yaitu :
1. Autentikasi server, memungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.

2. Kerahasiaan data, berarti eavesdropper tidak dapat mengerti komunikasi antara peramban pengguna dan server web, karena data tersandi.

3. Integritas data, berarti penyerang jaringan tidak dapat merusak atau mengubah isi komunikasi antara peramban pengguna dengan server web, karena divalidasi oleh message authentication code (MAC).

C. Maksud dan Tujuan
Untuk memahami dan mengetahui tentang konsep dari protokol HTTPS.

D. Kesimpulan
Sebuah laman web yang sudah menggunakan protokol HTTPS, akan menjamin keamanan data yang ada didalamnya dan mengurang resiko pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

E. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/HTTP_Secure

0 komentar: