How To : Install Slims 8.3.1 Akasia on Localhost

21.34 SelviHood 0 Comments

Assalammualaikum Wr. Wb.

A. Latar Belakang
Buku adalah sumber dari segala ilmu. Kita dapat mempelajari apa yang ada di dalam buku dengan membacanya. Membaca buku dapat dilakukan dimana saja, namun tempat paling identik dengan para kutu buku adalah di perpustakaan. Tak heran mengapa perpustakaan disebut tempat 'nongkrong' para kutu buku karena suasana yang senyap dan ketersediaan buku yang lengkap menjadi suasana yang pas untuk menyerap sebuah ilmu.

Namun, dewasa ini banyak orang yang mulai malas pergi ke perpustakaan. Mereka banyak melontarkan alasan seperti letaknya yang jauh, tidak ada waktu untuk kesana, atau bahkan tidak suka membaca buku. Padahal, jika kita rajin membaca buku, ilmu yang kita miliki akan bertambah. Jadi, kita bukan hanya manusia yang hanya 'menang tampang' tapi otak kita juga terisi dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, muncullah sebuah ide untuk membangun perpustakaan secara online yang dikenal sebagai perpustakaan digital.

B. Pengertian
Perpustakaan/per·pus·ta·ka·an/ n 1 tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya; 2 koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lainnya yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dibicarakan;
Perpustakaan digital (Inggris: digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.

Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada
tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source .

C. Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui dan memahami cara menginstall aplikasi perpustakaan digital berbasis web di Localhost Linux Mint 17.3

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC sudah di install sistem operasi Linux
2. File Slims (silahkan download di sini)

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
15 menit

F. Tahapan Pelaksanaan
1. Masuk sebagai Superuser


2. Masuk ke direktori tempat menyimpan file SLiMS.

3. Copy File SLiMS ke,  direktori web.

4. Buka direktori web.

5. Ekstrak file

6. Beri Hak akses pada direktori SLiMS

7. Buka Browser, lalu masuk ke Phpmyadmin

8. Masukkan password Root.

9. Buatlah database untuk SLiMS.

10. Buka folder SLiMS lewat browser. Nanti kita akan diarahkan ke halaman daftar.

11. Klik Let's Start The Installation

12. SLiMS akan mengecek peralatan sistem yang dibutuhkan apakah sudah terinstall atau belum. Jika persyaratan sudah terpenuhi, kita memilih untuk mengupgrade atau menginstall baru. Karena saya baru pertama kali mengistall di PC, maka saya pilih New Install.

13. Masukkan informasi seputar database, mulai dari alamat, nama, username, dan password. Kita juga disuruh untuk memasukkan username dan password admin SLiMS.

14. Proses pengistallan SLiMS sudah selesai. Silahkan klik OK, Start The SLIMS.

15. Inilh tampilan SLIMS Akasia 8.3.1 setelah di install.


G. Kesimpulan
Para pembaca tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk ke perpustakaan. Bagi siswa, mereka tidak perlu jauh-jauh ke perpustakaan untuk belajar. Cukup membuka ponsel pintar, mereka bisa beraktivitas layaknya di perpustakaan dimanapun mereka berada.

H. Referensi
http://kbbi.web.id/pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan
https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital
https://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_(perangkat_lunak)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar: