Konfigurasi inter-VLAN routing dengan multilayer switch

20.03 SelviHood 0 Comments

Assalammualaikum Wr. Wb.

A. Latar Belakang
Dalam sebuah jaringan komputer, tentu memerlukan pembagian jaringan lagi namun dalam skala yang lebih kecil. Hal ini untuk mempermudah akses karena pada dasarnya semakin sedikit jumlah pengakses maka akan semakin cepat lalu lintas data yang lewat di dalam jaringan. Salah satu metode pembagian jaringan yang terkenal dan murah adalah VLAN ( Virtual Local Area Network).

Seringkali, administrator jaringan membuat beberapa VLAN dalam satu jaringan besar yang belum saling terhubung. Ini akan menyebabkan antar VLAN tidak bisa saling berkomunikasi. Untuk itu, muncullah sebuah metode untuk menghubungkan antar VLAN yang disebut inter-VLAN Routing.

B.Pengertian
 Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda

C.Maksud dan Tujuan
Untuk mengetahui dan memahami cara Konfigurasi inter-VLAN routing dengan multilayer switch di Cisco  Packet Tracer.
 
D.Alat dan Bahan
1. 1 buah PC yang sudah di install Cisco Packet Tracer

E.Jangka Waktu Pelaksanaan
10 menit

F.Tahapan Pelaksanaan
1. Jalankan aplikasi Cisco paket Tracer

2. Buatlah topologi seperti gambar dibawah.

3.  Klik Switch -> CLI -> Aktifkan Switch

4. Buatlah VLAN

5. Daftarkan interface yang terhubung ke multilayer switch.

6. Daftarkan VLAN yang terhubung ke multilayer switch.

7. Copy konfigurasi.
 
8. Coba test ping atau kirimkan paket data  dari PC 1 ke PC 2. (Biasanya, pada saat pertama kali piing atau mengirimkan paket data, hasilny akan failed. Tapi, coba sekali lagi. Bila masih failed tandanya ada konfigurasi yang salah)

G. Kesimpulan
Menghubungkan antar VLAN dapat memudahkan komunikasi data dari VLAN satu ke VLAN lainnya. Sehingga, jaringan tidak perlu dibuat dalam skala besar, cukup menggunakan VLAN namun tetap bisa saling berkomunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya walau dalam VLAN yang berbeda.

H. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer
https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN

Wassalammualaikum Wr. Wb.

0 komentar: