Menghubungkan Antar Smartphone dalam Satu ISP

02.38 SelviHood 0 Comments

Assalammualaikum Wr. Wb.

A. Latar Belakang
Komunikasi adalah hal yang biasa dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi bisa dilakukan lewat media suara, teks, atau video.

Dewasa ini, manusia modern lebih menyukai berkomunikasi lewat telepon karena dianggap praktis dan mudah. Nah, untuk melakukan komunikasi lewat telepon baik melalui media suara, teks, ataupun video, telepon tersebut memerlukan akses yang disediakan oleh Internet Service Provider agar bisa saling terhubung.

Namun, apakah kita pernah berfikir bagaimana perangkat-perangkat bisa saling terhubung dalam satu layanan dari ISP padahal berbeda tempat.

B. Pengertian
Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Penyelenggara jasa Internet (PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

C. Maksud dan Tujuan
untuk mengetahu dan memahami bagaimana  menghubungkan antar smartphone dalam satu ISP.

D. Alat dan Bahan
1. 1 buah PC yang sudah diinstall Cisco Packet Tracer

E. Jangka Waktu Pelaksanaan
15 menit

F. Tahapan Pelaksanaan
1. Jalankan aplikasi Cisco Packet Tracer

2. Buatlah topologi jaringan seperti gambar dibawah




3. Klik Router -> CLI -> Aktifkan Router

4. Daftarkan interfaces yang terhubung ke router.

5. Beri alamat IP pada PC

6. Setting IP pada Server

7. Ubah interface pada smartphone menjadi 3g/4g pada masing-masing smartphone

8. Pada IP juga di setting 3g/4g. caranya manu dekstop -> IP configuration -> interface diganti 3g/4g. Lakukan pada masing-masing smartphone

9. Tes ping pada smartphone, server, dan komputer client.

G. Kesimpulan
Dengan melihat konfigurasi diatas, kita bisa tahu bagaimana urutan kerja agar sebuah smartphone bia saling terhubung dalam satu ISP.

H. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer
https://id.wikipedia.org/wiki/Penyelenggara_jasa_Internet
http://www.fajarmurray.ga/2017/02/menghubungkan-smartphone-satu-isp-di.html

Wassalammualaikum Wr. Wb.

0 komentar: