Pengertian Teknik Komputer dan Jaringan

07.34 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo! Welcome back on SelviHood's! Kali ini saya akan sedikit sharing seputar salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan. So, let's check this out!
A. Latar Belakang
Semakin hari, teknologi semakin berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyak barang-barang hasil kolaborasi antara kreativitas manusia dengan teknologi, baik dalam bidang industri, edukasi, komunikasi, kedokteran, pertanian, pertambangan, maupun di dalam bidang teknologi itu sendiri.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk yang besar di dunia tentu memerlukan campur tangan teknologi agar seluruh sistem yang ada berjalan degan baik dan lebih mudah. Tapi, tak selamanya Indonesia akan meggunakan tenaga kerja dari luar negeri dalam mengatur penggunaan teknologi yang ada di negaranya. Perlu adanya peningkatan jumlah tenaga kerja dalam negeri yang mampu mengelola teknologi yang ada dalam jumlah yang besar.

B. Pengertian
Teknik (bahasa Melayu: kejuruteraan) atau rekayasa (bahasa Inggris: engineering) adalah penerapan ilmu dan teknologiuntuk menyelesaikan permasalahan manusia. 

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. 

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. 

Teknik Komputer dan Jaringanmerupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitanjaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet.

C. Maksud dan Tujuan
Untuk megetahui dan memahami tentang teknik komputer dan jaringan,

D. Kesimpulan
Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang ada di SMK diharapkan dapat menjadi tempat berawalnya cikal bakal ahli IT yang nantinya bisa mengelola sistem teknologi yang ada di Indonesia. Walau pada nyatanya, masih banyak siswa maupun lulusan TKJ yang tidak paham akan materi yang dipelajari, sehingga banyak lulusan yang menganggur.

Sekian postingan saya kali ini, Semoga bermanfaat!
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Wanna Know More About Tech? Stay Tune on SelviHood's!

0 komentar: