Pengertian, Sejarah, dan Jenis-Jenis Linux

08.07 SelviHood 0 Comments


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
A. Latar Belakang
Mayoritas masyarakat Indonesia masih menggunakan Operating System(OS) Windows. Tapi, banyak dari mereka yang berpendapat bahwa OS itu hanya terdiri dari Windows atau MacOS. Padahal, ada banyak varian OS yang ada di seluruh dunia. Salah satunya Linux. Meskipun Linux dikenal sebagai OS yang free alias gratis, namun tetap saja masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Windows dengan alasan kemudahannya(walau mayoritas menggunakan Windows Bajakan).

 Linux, menurut saya memang sedikit membingungkan untuk dicoba bagi para pemula, seperti saya. Apalagi jika kita sudah terbiasa dengan Windows dari pertama kali mengenal komputer. Tapi, saya yakin jika kita mau untuk mengenal Linux lebih dekat, maka anda akan terpukau oleh pesona Linux. Karena selain kita tidak harus mengeluarkan biaya untuk lisensinya, Linux juga membebaskan kita untuk mengutak-atik apa yang ada didalamnya, alias Linux adalah Open Source OS.

B. Materi
1. Pengertian
Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.

2. Sejarah
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang terinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum.

Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Kisah awal pemberian Logo pinguin untuk Linux Logo Linux (Tux) dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan itu lah Linus Torvalds di patok oleh seekor Pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia berpikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu karena demam ia artikan sebagai 'tergila-gila', jadi harapannya orang-orang akan tergila-gila dengan sistem operasi ini. Maka dari itu diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain Logo Linux yang baru,dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk.

3. Jenis Linux
a. Untuk Pemula
1. Ubuntu
Ubuntu termasuk distro yang paling populer saat ini. Ubuntu memiliki siklus rilis yang ketat dan cenderung memiliki lebih banyak fitur yang diimplementasikan dalam setiap rilis seperti mempunyai millist paling anyak di dalam memberikan panduan terhadap pengguna.
2. Linux Mint
Linux Mint muncul dengan banyak perangkat lunak yang stabil , media codec dan driver.Distro linux ini bekerja dengan baik dan tidak akan menghabiskan setiap waktu trouble shooting.
3. Pear OS
Distribusi Linux Pear datang dengan gaya Apple Mac OS X menggunakan Ubuntu Linux sebagai basis, namun tidak menyertakan antar muka Unity maupun Gnome. Pear OS memiliki kompatibilitas driver yang baik seperti pada perangkat wireless dan juga dukungan terhadap kartu grafis AMD.
4. Zorin OS
Zorin OS dioptimalkan untuk pengguna yang transisi dari Windows. Distro Ini terlihat cukup mirip dengan Windows 7 dan dilengkapi dapat membuat desktop Anda terlihat mirip dengan Windows.
5. Elementary OS
ElementaryOS Luna adalah distribusi berbasis desktop Ubuntu dengan beberapa fitur yang lebih menarik, termasuk GTK+ baru dan tema ikon untuk GNOME, web browser Midori, aplikasi baru yang dikembangkan di khusus (misalnya Dexter, buku alamat dan Poster, email client), dan Nautilus Elementary, file manager simpel.

b. Untuk Tingkat Menengah
1. Fedora
2. Debian
3. OpenSuse
4. CentOS (Community ENTerprise Operating System)

c. Untuk Tingkat lanjut 
1. Slackware
2. FreeBSD
3. LFS (Linux From Scratch)

C. Maksud dan Tujuan
Mengetahui Pengertian, Sejarah, dan Jenis-Jenis Linux.

D. Alat dan Bahan
  • 1 buah PC
  • Koneksi internet 

E. Kesimpulan/Hasil 
Linux memberikan kebebasan pada pengguna untuk memilih jenis Distro yang akan digunakan sesuai tingkat kemahiran personal pengguna sehingga pengguna secara sistematis bisa mengukur kemampuan dan kebutuhan diri mereka sendiri. Selain itu, karena merupakan Open Source OS, pengguna lebih diuntungkan dengan bisa mengutak-atik apapun yang ada di dalam sistem dan penggunaannya yang tanpa biaya alias gratis.

E. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux http://barkahtroox.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-linux-sejarah-linux.html
Modul 00 PENGENALANSISTEM OPERASI LINUX

0 komentar: